RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
SDN. 006 Babulu
Kelas / Semester :
IV /1
Tema : Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Bersyukur atas Keberagaman (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan factual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
IPS
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Matematika
3.2 Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian,
pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan.
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan
masyarakat.
INDIKATOR
IPS
Mengaplikasikan
contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk diskusi kelompok
Matematika
Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran
PPKn
Memberikan
contoh, manfaat, dan hal-hal yang dapat dilakukan dengan bekerja sama dalam bentuk
peta pikiran
C.
TUJUAN
1.
Dengan berdiskusi
kelompok, siswa mampu mempraktikkan interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya di
dalam kelas.
2.
Dengan mengamati
gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda
dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi
kelompok, siswa mampu menyajikan contoh, manfaat, dan hal hal yang dapat dilakukan
dengan bekerja sama dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
D. MATERI
Gambar
daftar makanan.
Pemecahan masalah.
Makanan tradisional.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
v
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
v
Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Siswa
bekerja sama mendiskusikan pemecahan masalah ketika Dayu dan Beni tidak masuk
sekolah karena sakit, kemudian menjawab pertanyaan.
Ø Siswa
membaca cerita tentang Edo, Lani, Udin, dan Siti yang berencana menjenguk dan membelikan makanan tradisional untuk Dayu dan Beni
yang sedang sakit.
Ø Siswa
melihat daftar makanan dan menyelesaikan soal.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan refleksi tentang penaksiran.
Ø Siswa
berdiskusi secara berkelompok tentang sikap bekerja sama, kemudian membuat
peta pikiran berdasarkan pertanyaan yang ada.
Ø Guru dan
siswa menyimpulkan hasil yang ada.
Ø Siswa
menjawab beberapa pertanyaan sebagai refleksi.
|
150 menit
|
Penutup
|
·
Siswa melakukan
perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
·
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
·
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkanin formasi
dari siswalainnya.
·
Guru menyampaikan pesan moral
untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
·
Tugas: Siswa mendiskusikan
perbedaan-perbedaan yang ditemui saat bermain dan bagaimana menyikapinya.
Pengayaan
·
Siswa membuat 1 soal cerita
tentang penaksiran, kemudian bertukar soal denganteman-teman yang lain.
Remedial
·
Siswa membaca soal cerita
penaksiran secara bertahap dengan cara memenggal kalimat per kalimat agar ia
lebih paham.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan kelas, dan Lingkungan sekolah.
·
BukuPedoman
Guru Tema 1 Kelas 4 danBukuSiswaTema 1 Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum
2013, Jakarta:
KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
H.
PENILAIAN
Tehnik Penilaian
a. Pengamatan (Penilaian sikap sosial )
b. Porto folio (penilaian keterampilan )
c. Tes tulis (penilaian pengetahuan )
Mengetahui
Guru
Kelas IV
Kepala
Sekolah,
_________________________ Salmani, S.Pd.
NIP NIP
Instrumen penilaian sikap pengamatan :
Tema : Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Bersyukur atas Keberagaman (Sub Tema 3)
Muatan : IPS
Pembelajaran ke : 4
KD : Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
Indikator : Mengaplikasikan
contoh interaksi manusia dengan
lingkungan sosial
dalam bentuk diskusi kelompok
No
|
Nama
|
Mendengarkan
|
Komunikasi
|
Partisipasi
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
o
Angka 1 = belum terlihat, 2 = terlihat, 3 =
menonjol
Instrumen penilaian pengetahuan penugasan :
Tema : Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Bersyukur atas Keberagaman (Sub Tema 3)
Muatan :
Matematika
Pembelajaran ke : 4
KD : Menerapkan penaksiran dalam melakukan
penjumlahan,
perkalian,
pengurangan dan pembagian untuk
memperkirakan
hasil perhitungan.
Indikator :
Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan penaksiran
No
|
Nama siswa
|
Nilai
|
Rata2
Nilai
|
|||||
Tes tulis Kelompok
|
Penugasan Individu
|
|||||||
|
No 1
|
No 2
|
No 3
|
No 4
|
No 5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
~ Menyelesaikan
Soal dengan penapsiran terendah (semua benar) = 4 (100)
~ Menyelesaikan
Soal dengan penapsiran terendah (ada 1-2 yg salah) = 3 (75)
~ Menyelesaikan
Soal dengan penapsiran terendah .(ada 3-5 yg salah) = 2 (50)
~ Menyelesaikan
Soal dengan penapsiran terendah lebih dari 5 yg salah) = 1
(25)
Keterangan :
·
Nilai = skor perolehan dibagi skor maximal kali
100, contoh nilai = 3 : 4 x 100 = 75
Instrumen penilaian keterampilan :
Tema : Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Bersyukur atas Keberagaman (Sub Tema 3)
Muatan :
PKn
KD : Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah,
sekolah dan masyarakat.
Indikator : Memberikan
contoh, manfaat, dan hal-hal yang dapat
dilakukan dengan bekerja
sama dalam bentuk peta pikiran
No
|
Nama siswa
|
Tema 1
|
Nilai akhir / predikat
|
||||||||
Dapat menyebutkan manfaat kerjasama
|
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk
membantu orang lain
|
Perbedaan saat bekerjasama dan cara
bersikap
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik (KD.4.4) :
~ Siswa mampu menyebutkan identitas dari 3 atau
lebih temannya.= 4 (100)
~ Siswa mampu menyebutkan identitas dari 2
temannya.= 3 (75)
~ Siswa mampu meyebutkan identitas dari 1
temannya.= 2 (50)
Keterangan :
·
Nilai = skor perolehan dibagi skor maximal kali
100, contoh nilai egalita = 4 : 4 x 100 = 100
Sudah tuga hari ini
Dayu dan Beni tidak masuk sekolah, karena sakit. Mereka seharusnya menjadi
anggota piket kebersihan kelas. Akibatnya, dibutuhkan petugas piket lain agar
kelas bersih. Meskipun berbeda suku Edo mengajak Lani, Udin, dan siti
menjengung kedua teman mereka yang sakit. Mereka sepakat ingin membelikan
beberapa makanan tradisonal untuk Dayu dan Beni dengan menyisihkan sebagian
uang saku . ketika di pasar Edo mengajak Lani, Udin, dan siti bigung, karena
harga makananya berbeda-bedadi setiap toko. Bantu mereka menaksirkan harga
makanan yang ada.
Petunjuk
Perhatikan daftar
makanan untuk menjawab soal no 1
Contoh :
|
Kelompok : …………………..
Ketua Kelompok :
Anggota :
…………………….
……………………..
……………………..
Soal
1.
Mereka mempunyai uang Rp 30.000,00 dan
ingin membeli sebanyak-banyaknya. Apa nama makanan-makanan itu dan dan di
warung mana mereka membelinya ?
2.
Apa yang kamu lakukan untuk menghibur
teman-temanmu yang sakit ?
3.
Apa saja manfaat
bekerjasama ?
1.
|
2.
3.
4.
5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar