Isi karya tulis ilmiah dinyatakan telah cukup baik, tetapi masih terdapat hal yang perlu perbaikan, alasannya adalah sebagai berikut
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran | |
31 | Secara keseluruhan karya tulis ilmiah tersebut telah cukup baik, tetapi belum melampirkan kelengkapan (umumnya pada laporan hasil penelitian), sehingga timbul keraguan, apakah karya tulis ilmiah tersebut memang karya sendiri atau bukan. | Secara umum isi karya tulis ilmiah ini telah cukup baik. Namun, beberapa lampiran penting belum dilampirkan. Untuk itu, segera dilampirkan dokumen pelaksanaan penelitian, yaitu (a) semua instrumen yang digunakan dalam penelitian, (b) contoh pengisian instrumen oleh responden, (c) dokumen pelaksanaan penelitian yang lain seperti analisis perhitungan, surat izin, foto-foto kegiatan, dan daftar hadir. | |
32 | Secara keseluruhan karya tulis ilmiah tersebut telah cukup baik, tetapi belum ada persetujuan dari kepala sekolah atau yang lain | Karya tulis ilmiah ini cukup baik. Namun, belum terdapat pengesahan, terutama dari kepala sekolah. Untuk itu, segera dilengkapi dengan persetujuan / pengesahan sesuai dengan pedoman, terutama pengesahan dari kepala sekolah. | |
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran |
33A | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai prasaran tetapi tidak dilengkapi dengan bukti fisik seperti (a) pernyataan dari penyelenggara seminar, (b) piagam –bila ada, (c) daftar hadir dan lain-lain. | Karya tulis ilmiah ini dinyatakan sebagai prasaran ilmiah yang diajukan dalam suatu seminar ilmiah, sudah cukup baik, tetapi tidak ada bukti fisik yang menyatakan hal tersebut. Disarankan untuk melengkapi bukti fisik yang diperlukan, seperti pernyataan dari panitia seminar, undangan, persetujuan kepala sekolah, sertifikat, piagam, atau bukti pendukung yang lain (daftar hadir peserta, dan lain-lain) |
33B | Karya tulis ilmiah dinyatakan sebagai prasaran ilmiah tetapi tidak ada data yang menyatakan kapan waktu penyajian, tiap penyaji makalah dinyatakan disajikan melalui sistem paralel dengan jumlah penyaji yang cukup pada satu kelompok. | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai prasaran ilmiah pada seminar tingkat Nasional, tetapi tidak ada data yang menyatakan kapan waktu penyajian, tiap penyaji makalah dinyatakan disajikan melalui sistem paralel dengan jumlah penyaji yang cukup pada satu kelompok, juga tidak jelas berapa jumlah peserta pada setiap kelompok. Disarankan untuk memperjelas lampiran-lampiran yang ada tentang jadwal waktu penyajian dari makalah tersebut dan daftar hadir peserta dalam kelompoknya. |
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran |
33C | Karya tulis ilmiah dinyatakan sebagai prasaran, tetapi isi makalah sama persis dengan yang ditulis di jurnal. | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai prasaran, tetapi seminar yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari penelitian. Isi makalah sama dengan yang ditulis di jurnal. Disarankan untuk membuat karya tulis ilmiah baru, misalnya berupa laporan penelitian tindakan kelas, tinjauan ilmiah, prasaran ilmiah, karya ilmiah populer, diktat, buku pelajaran, dan karya terjemahan. Bila berupa prasaran paling tidak memuat pendahuluan, inti permasalahan, dan penutup minimal 10 halaman dan harus dilakukan pada pertemuan ilmiah minimal di tingkat kabupaten yang dilengkapi dengan bukti fisik yang lengkap (daftar hadir minimal 25 orang, jadwal, undangan, makalah, pernyataan dari panitia seminar bahwa makalahnya telah mempresentasikan, dan lain-lain) |
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran |
33D | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai prasaran, tetapi isi makalah seminar terlalu luas/umum, tidak terkait dengan pengembangan profesi Catatan : Jurnal ilmiah yang sebagian besar isinya hanya menyajikan karya tulis ilmiah guru atau diterbitkan oleh lembaga yang kurang memadai, atau yang tampak bertujuan hanya untuk menampung karya tulis ilmiah guru, tidak dapat dikategorikan sebagai jurnal yang terakreditasi. | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai prasaran, tetapi isi makalah seminar terlalu luas/umum, tidak terkait dengan pengembangan profesi Disarankan untuk membuat karya tulis ilmiah baru, misalnya berupa laporan penelitian tindakan kelas, atau tinjauan ilmiah, prasaran ilmiah, karya ilmiah populer, diktat, buku pelajaran, dan karya terjemahan. Bila berupa prasaran paling tidak memuat pendahuluan, inti permasalahan, dan penutup minimal 10 halaman dan harus dilakukan pada pertemuan ilmiah minimal di tingkat kabupaten yang dilengkapi dengan bukti fisik yang lengkap (daftar hadir minimal 25 orang, jadwal, undangan, makalah, pernyataan dari panitia seminar bahwa makalahnya telah mempresentasikan, dan lain-lain) |
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran |
33E | Karya tulis ilmiah dinyatakan sebagai artikel yang dimuat di jurnal ilmiah. Namun, jurnal ilmiah tersebut kurang memenuhi syarat dalam persyaratan karena jumlah peredaran yang terbatas. Catatan : Jurnal ilmiah yang sebagian besar isinya hanya menyajikan karya tulis ilmiah guru atau diterbitkan oleh lembaga yang kurang memadai, atau yang tampak bertujuan hanya untuk menampung karya tulis ilmiah guru, tidak dapat dikategorikan sebagai jurnal yang terakreditasi. | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai artikel yang dimuat di jurnal ilmiah. Namun, jurnal ilmiah tersebut kurang memenuhi syarat sebagai jurnal yang terakreditasi, atau kurang memadai sebagai jurnal ilmiah. Bila dimaksudkan sebagai artikel yang dimuat pada jurnal ilmiah disarankan dapat dimuat melalui jurnal ilmiah yang telah terakreditasi. Disarankan untuk membuat karya tulis ilmiah baru, misalnya berupa laporan penelitian tindakan kelas, atau tinjauan ilmiah, prasaran ilmiah, karya ilmiah populer, diktat, buku pelajaran, dan karya terjemahan. |
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran |
33F | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai artikel yang dimuat di jurnal ilmiah. Namun, (a) isi artikel tidak sesuai / mendukung kegiatan pengembangan profesi penulis (b) sekedar membandingkan variabel yang sudah jelas jawabannya (c) sebatas mengkorelasikan hal yang telah jelas jawabannya atau (d) penelitian tentang isi/materi pelajaran | Karya tulis ilmiah yang dinyatakan sebagai artikel yang dimuat di jurnal ilmiah. Namun, (a) isi artikel tidak sesuai / mendukung kegiatan pengembangan profesi penulis (b) sekedar membandingkan variabel yang sudah jelas jawabannya (c) sebatas mengkorelasikan hal yang telah jelas jawabannya atau (d) penelitian tentang isi/materi pelajaran Bila dimaksudkan sebagai artikel yang dimuat pada jurnal ilmiah disarankan dapat dimuat melalui jurnal ilmiah yang telah terakreditasi. Disarankan untuk membuat karya tulis ilmiah baru, misalnya berupa laporan penelitian tindakan kelas, atau tinjauan ilmiah, prasaran ilmiah, karya ilmiah populer, diktat, buku pelajaran, dan karya terjemahan. Bila berupa prasaran paling tidak memuat pendahuluan, inti permasalahan, dan penutup minimal 10 halaman dan harus dilakukan pada pertemuan ilmiah minimal di tingkat kabupaten yang dilengkapi dengan bukti fisik yang lengkap (daftar hadir minimal 25 orang, jadwal, undangan, makalah, pernyataan dari panitia seminar bahwa makalahnya telah mempresentasikan, dan lain-lain) |
34 | Pada karya tulis ilmiah yang diajukan oleh guru BK menunjukkan adanya ketidakjelasan apa peran guru BK yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam karya tulis ilmiahnya | Karya tulis ilmiah ini sudah cukup baik, tetapi tidak jelas apa peran guru BK yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam karya tulis ilmiahnya Disarankan untuk memperbaiki karya tulis ilmiah tersebut dengan menunjukkan dengan jelas dan rinci peran guru BK dalam permasalahan yang dibahas dalam karya tulis ilmiah tersebut. |
No | Hal yang Terdapat Pada Karya Tulis Ilmiah | Alasan Penolakan dan Saran |
35 | Pada karya tulis ilmiah yang diajukan oleh kepala sekolah menunjukkan adanya ketidakjelasan apa peran kepala sekolah yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam karya tulis ilmiahnya | Karya tulis ilmiah ini sudah cukup baik, tetapi tidak jelas apa peran kepala sekolah yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam karya tulis ilmiahnya Disarankan untuk memperbaiki karya tulis ilmiah tersebut dengan menunjukkan dengan jelas dan rinci peran kepala sekolah dalam permasalahan yang dibahas dalam karya tulis ilmiah tersebut. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar