Selasa, 29 November 2011

Format Hasil Penilaian Kinerja Guru


FORMAT HASIL PENILAIAN KINERJA GURU
(Pembelajaran)

Nama guru yang dinilai: Samsudin, S.Pd.

Periode penilaian
10 Juli 2010              sampai            16 Juli 2010
     (tanggal, bulan, tahun)                                    (tanggal, bulan, tahun) 
Formatif
X
Tahun
2010
Sumatif

Kemajuan


NO
K O M P E T E N S I
NILAI *)
A.   Pedagogik
1.
Menguasai karakteristik peserta didik
3
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
4
3.
Pengembangan kurikulum
3
4.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
2
5.
Pengembangan potensi peserta didik
2
6.
Komunikasi dengan peserta didik
3
7.
Penilaian dan evaluasi
3
B.   Kepribadian
8.
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
4
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
3
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
4
C.   Sosial
11.
Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
3
12.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
3
D.   Profesional
13.
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
3
14.
Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
3
Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru)
43
*) Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan nilai maksimum = 4


                                                                              Jakarta, 11 Juli 2010
Guru yang dinilai
Penilai
Kepala Sekolah



        (Samsudin, S.Pd.)
     (Hasan Basri, S.Pd., M.Pd.)
       (Drs. Hamid Rusdi, M.Pd.)







Hasil PenilaianKompetensi 4    : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Nama Guru         : Samsudin, S.Pd.
Nama Penilai      : Hasan Basri, S.Pd., M.Pd.

Sebelum Pengamatan
Tanggal
10 Juli 2010
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
RPP, silabus, bahan ajar (materi), soal evaluasi, daftar nama peserta didik.
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru.

·   Kurun waktu penilaian telah disepakati tanggal 10 sd 16 Juli 2010.
·   Guru telah mempersiapkan semua perangkat pembelajaran dengan baik, namun skenario pembelajaran masih belum secara rinci menjelaskan kegiatan/aktivitas peserta didik.

Tindak lanjut yang diperlukan:

·   Perlu melihat RPP untuk kompetensi sebelum atau sesudahnya sebagai bahan perbandingan
·   Detil skenario pembelajaran perlu ditanyakan kembali


Selama Pengamatan
Tanggal
11 Juli 2010
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
Persiapan mengajar guru
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 

·      Guru memberi salam
·      Guru mengecek kehadiran siswa
·      Guru mengenalkan topik yang akan dibahas dengan memberi pertanyaan kepada siswa dan menuliskan di papan tulis
·      Guru mengingatkan kembali tentang materi di kelas sebelumnya tanpa mengecek pemahaman siswa
·      Beberapa siswa mencatat penjelasan guru dan tidak semua siswa memperhatikan guru
·      Guru memberikan contoh tentang topik yang akan dibahas


Tindak lanjut yang diperlukan:

·      Perlu mempelajari kembali dokumen persiapan mengajar
·       










Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru


Tindak lanjut yang diperlukan:





Penilaian untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
Seluruhnya
1.    Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
0


1
2
2.     Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
0
1
2
3.     Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
0
1
2
4.     Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
0



1
2
5.     Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
0
1
2
6.     Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
0


1
2
7.     Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
0

1

2
8.     Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
0
1
2
9.     Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.

0

1
2
10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
0


1
2
11. Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

0
1
2
Total skor untuk kompetensi 4
9
Skor maksimum kompetensi  4 = jumlah indikator × 2
22
Persentase = (total skor/22 ) × 100%
(9/22)x100%= 40.9%
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)

Nilai Kompetensi 4 = 2







KEBUTUHAN SEKOLAH
a.  Pernyataan diambil dari laporan EDS
Pengetahuan guru tentang mata pelajaran  yang diajarkan sudah cukup untuk memenuhi kurikulum, namun beberapa guru masih sering mempresentasikan pelajaran di depan kelas dengan tidak melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif.

b. Pernyataan diambil dari Rencana Kegiatan Sekolah
Pengembangan Staf: Menjamin bahwa seluruh guru menggunakan pendekatan kegiatan “pembelajaran siswa aktif” yang aktifitasnya sesuai untuk peserta didik dan tujuan pembelajaran


Format 1: Hasil Evaluasi Diri Terhadap Kompetensi Guru, Untuk Merencanakan Kegiatan PKB
Nama Sekolah : SMP UNGGUL

Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan : BULUKUMBA
Kabupaten/Kota:

Provinsi: BULUKUMBA/SULSEL
Nama Guru : SAMSUDIN, S.Pd.
Tahun Ajaran : 2010

Nama Koordinator PKB :
Drs. SAPARUDDIN, M.Pd.
Tanggal : 08 JULI 2010
1.    Usaha yang saya lakukan untuk mengembangkan kompetensi saya selama 1 tahun terakhir:
a.        Pengembangan Diri
b.       Pengembangan Karya Ilmiah
c.        Pengembangan Karya Inovatif



Mengikuti diklat fungsional, Pengembangan Bahan Ajar berbasis TIK, selama 40 jam.
-
-
2.    Hasil/dampak dari usaha tersebut
Kemampuan pedagogik dan profesional dapat diandalkan.

3.    Keberhasilan saya dalam melaksanakan tugas saya selama 1 tahun terakhir (ditinjau dari Siswa dan Guru sendiri)
-    Adanya peningkatan jumlah siswa yang lulus UN
-    Saya mendapat penghargaan sebagai guru teladan tingkat propinsi

4.    Kendala yang saya hadapi dalam melaksanakan tugas saya selama 1 tahun terakhir (berkaitan dengan penguasaan kompetensi)
-    Kurangnya buku referensi
-    Sarana dan prasarana sekolah terbatas


5.    Pengembangan kompetensi yang masih saya butuhkan dan rencanakan 1 tahun y.a.d. (dilakukan sendiri dan/atau dilakukan dengan orang lain di sekolah dan/atau KKG/MGMP, dsb)
Saya merasa sudah cukup, yang saya perlukan adalah dapat mengkuti program PKB secara tuntas untuk pengembangan karir
6.    Bantuan lain yang saya perlukan untuk mengatasi kendala tersebut
Biaya untuk meningkatkan kualifikasi


Tanda tangan Guru:

Tanda tangan Koordinator PKB:

SARAN KEGIATAN PKB UNTUK KOMPETENSI YANG BELUM MENCAPAI STANDAR
No
Kompetensi
Saran kegiatan yang dilakukan Guru untuk peningkatan kompetensi tersebut
Sumber Belajar Guru untuk meningkatkan kompetensi
A
Pedagogik



1.         Menguasai karakteristik peserta didik.



2.         Menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang
mendidik.



3.         Pengembangan kurikulum



4.         Kegiatan pembelajaran yang mendidik



5.         Pengembangan potensi peserta didik



6.         Komunikasi dengan peserta didik.



7.         Penilaian dan evaluasi.


B
Kepribadian



8.         Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional.



9.         Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan



10.      Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.


C
Sosial



11.      Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif



12.      Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua,
peserta didik, dan masyarakat.


D
Profesional



13.      Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu.



14.      Mengembangkan Keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.




Format Suplemen Perencanaan PKB

Nama Guru                         : ………………………………………………………….
Koordinator PKB              : …………………………………………………………..
No
Kompetensi
Nilai
Kebutuhan PKB
Persetujuan Kepala Sekolah
Penilaian Kinerja
Nilai Sumatif

Formatif
Target

Pengembangan Diri
Karya Ilmiah
Karya Inovatif
1
2

A
Pedagogik











1.  Menguasai karakteristik peserta didik.











2.  Menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang
mendidik.











3.  Pengembangan kurikulum











4.  Kegiatan pembelajaran yang mendidik











5.  Pengembangan potensi peserta didik











6.  Komunikasi dengan peserta didik.











7.  Penilaian dan evaluasi.










B
Kepribadian











8.  Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan
nasional.












9.  Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan











10.    Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.










C
Sosial











11.    Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif











12.    Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.










D
Profesional











13.    Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.











14.    Mengembangkan Keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.











(Diisi oleh Koordinator PKB tingkat sekolah)
Nama Sekolah:

Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan      :
Kabupaten/Kota:

Provinsi:
Tahun Ajaran  :

Tanggal:
Nama guru
Nama Koordinator PKB
(1)
Rencana kegiatan PKB
(2)
Kebutuhan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasi
kan oleh Dinas Pddk untuk dipertim-bangkan)
(1.a)
dilakukan oleh guru sendiri

(1.b)
dilakukan dengan guru lain di sekolah yang sama
(1.c)
dilakukan oleh sekolah
(1.d)
dilakukan di KKG/MGMP
(1.e)
dilakukan oleh pihak di luar sekolah/KKG/MGMP
(1.e.1) Kegiatan
(1.e.2)
Pelaksana
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
PD
PI
KI
1






















2






















3






















4






















5






















6









































































































































Nama dan tanda tangan KepSek

Nama dan tanda tangan Ketua Komite Sekolah

Nama dan tanda tangan Koordinator PKB tingkat sekolah


























Catatan: Kolom 1.a ; 1.b; 1.c; 1.d; 1.e.1 dan 1.e.2 diisi dengan tanda check (), sedangkan kolom 1.e.2 diisi dengan angka 1 = LPMP; 2=P4TK; 3=Asosiasi Profesi; 4=LPTK; dan 5= Service Provider lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar